Titip Pesan untuk Para Pemotor

selamat pagiii
assalammualaikum untuk saudara2ku sesama muslim
salam sejahtera untuk sahabat2ku yg non muslim
dan salam cinta dan penuh kasih untuk kawan dan saudaraku sesama pengguna jalan..

dalam kesempatan ini.. saya ingin sedikit sharing satu hari pengalaman di ibukota tercinta

pagi yg indah telah datang,,,
sinar matahari pun pelan2 menusuk mata melalui kisi2 jendela kamar tidur,,
waktu sudah menunjukkan pukul 05.49 saya pun bergegas bangun dan segera membangunkan anak2 saya yg masih tertidur pulas
mereka pun segera bangun untuk pergi bersekolah.. sedang saya sendiri segera ke kamar mandi untuk bersiap2 segera ke kantor

di sisa waktu pagi yg tersisa sedikit kami pun bersiap sarapan seadanya karna waktu yg tdk memungkinkan
setelah sarapan saya pamit dengan istri diikuti dengan anak2 saya cium tangan dan pamitan untuk berangkat ke sekolah
kami segera ke garasi.. saya pun memeriksa kelengkapan mobil saya dan kelayakan jalan seperti lampu rem.. rampu sein dll
anak saya pun demikian.. karna kami memang membiasakan keluarga kami untuk menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan dan budaya

rutinitas pun dimulai...
anak2 saya berangkat berboncengan menggunakan sepeda motor bebek lama saya yg dulu saya pakai ke kantor sblm memiliki mobil
saya sendiri mulai menjalankan mobil saya...
breemm bremm.. gitu bunyinya gan saya definisikan.. karna knalpot mobil saya memang standar dan tdk terdengar dlm kabin
memasuki jalan utama saya memasang sein kanan sebagai tanda untuk meminta jalan dan memberitahu pengemudi baik roda 2 dan 4 bahwa saya
akan berbelok ke kanan.. dengan sabar saya menunggu sampai ada yg berbaik hati memberi saya jalan.. 20detik kemudian kurang lebih..
ada pengendara roda 4 berbaik hati memberi jalan... saya pun memasukkan gigi 1 dan mulai menginjak gas..
TIBA TIBA.... ngeeeenggg brummmm bruummm... rombongan pengemudi roda 2 menyalip dr sisi kanan mobil yg memberikan saya jalan
dan hampir menabrak bumper depan mobil saya.. betapa kaget dan paniknya saya pontang panting mencoba mengerem mobil saya
dan berharap tidak ada pengendara motor itu yang terluka akibat tersenggol atau tersempet..
tapi alangkah kagetnya saya.. ketika ketiga motor yg mgkn satu rombongan malah memaki saya dengan kata2 kebun binatang..
motor terakhir malah memukulkan tangannya ke kap mesin seraya memaki dan berjalan kembali dengan mata melotot dan melihat kebelakang (berbonengan)
saya pun hanya bisa mengelus dada menanggapi hal tersebut...

perjalanan pun berlanjut... sampai akhirnya saya berada di jalan samanhudi pasar baru dan menunggu lampu merah. cukup panjang gan antrinya
byk motor berjejalan di sisi kanan dan kiri mobil saya.. sampai saya hrz sangat berhati dan menegakkan duduk karna cara mereka berkendara sangat
membuat saya khawatir.. di sisi space kanan dan kiri yg sisa sedikit mereka masih berusaha menyelip.. apa yg akan terjadi kalau mereka terjatuh dan terlindas
ban belakang mobil dan saya tdk melihat? tentunya saya akan menjadi bulan2an massa dan terlibat masalah besar yg tdk saya buat..
bahkan diantara pengendara motor itu ada yg tdk menggunakan peralatan safety riding seperti helm dan jaket
perjalanan melewati lampu merah pun terasa sangat lama.. karna mobil saya dan mobil lainnya selalu terhalangi motor dr belakang yg menyeruak menyelip untuk langsung
menuju ke depan sedangkan kami harus antri dan terus mengalah.. tapi saya pun sadar ini adalah kelebihan menggunakan motor dimana efektifitas waktu memang sangat unggul
dan saya pun sadar pada saat saya memilih mobil sebagai moda transportasi bahwa saya akan sampai lebih lambat dan menggunakan bensin lebih boros dari motor.
tapi saya tidak memiliki pilihan lain.. dengan meningkatnya jabatan dan posisi saya di kantor mengharuskan saya untuk selalu tampil necis dan bersih dan sewaktu waktu
saya mgkn hrz berangkat ke bandung atau kota2 lain diluar jakarta yg tdk memungkin untuk lgs booking tiket kereta atau travel,, terkadang bisa tapi JAM nya tdk sesuai dengan arahan
kantor.. kebetulan saya bekerja di hotel dan mobil ini DP nya diberikan dr tunjangan transportasi kantor. sampai skrgpun masih saya cicil
lanjut kata saya pun hanya bs kembali mengelus dada..dan kembali bersabar..

perjalanan pun berjalan kembali... sampai pada kemacetan yg memang ada dimana mana di jakarta ini..
tiba2 terdengear beletak!... kapa spion saya pun arahnya jd tdk beraturan karna tertabrak stang pengendara motor
yang ugal2an... saya pun menunggu reaksi yg muncul dari si penabrak... eng ing eng... astagfirullahaladzim.. tdk berhenti dan tidak menoleh
seakan akan dia tdk melakukan perbuatan yg merugikan orang lain.. padahal si pengendara motor tsb bisa berhenti membunyikan klakson dan mengangkat tangannya
atau malah mgkn membuka kaca helm dan mengangguk bisa cukup membuat kami tersenyum kembali
tapi lagi lagi saya pun hanya bisa mengelus dada.. sungguh saya berlatih untuk bersabar menghadi jalanan ibukota ini

sampailah saya di kantor dmn saya terlambat beberapa menit... dimana semua org menggangguk hormat dan tersenyum.. dan saya pun harus tetap tersenyum memblasa senyum dan anggukan.
walaupun rasa lelah akibat macet dan ulah pengendara di jalanan ibukota. biarpun tidak ada yg memarahi saya karna saya datang terlambat.. tapi rasa malu melihat senyuman
para karyawan yg melihat saya sudah menjadi hukuman yg berat untuk saya.. dimana saya sebagai pimpinan tidak bisa memberi contoh yang baik. ini yang mgkn tidak diketahui
kebanyakan orang... sebagian org yg menggunakan mobil2 kategori mewah seperti PAJERO FORTUNER CAMRY dan mobil2 mewah lainnya.. tidak apa2 terlambat ke kantor... itu salah besar!
karna kami bisa mencapai posisi seperti ini dan dipercaya pada posisi ini.. karna etos kerja kami yg menjunjung tinggi disiplin dan kerja keras.. sehingga tidak benar kalau semua
orang yg bermobil mewah tidak apa2 terlambat datang ke kantor..

jam makan siang pun tiba.. rasa lapar yg timbul karna waktu dan lelah pun timbul.. saya memutuskan untuk makan di fastfood restaurant yg berada di mall terletak tidak jauh dr hotel tempat
saya bekerja.. saya memutuskan untuk berjalan kaki... jalanann di depan kantor terlihat sangat macet.. (biasa jam makan siang di jakarta mah) saya menggunakan trotar yg terasa tidak nyaman karna
ada beberapa lubang dan genangan air... dan masih diperparah lagi dengan ulah sepeda motor yg MENJAJAH HAK pejalan kaki...dengan ego dan alasan2 mereka sendiri. yah.. memang sih saya lihat jalan
memang sangat macet dan padat sesak sampai motor pun tidak bs selap selip lagi..
TIIIINNNNN!!! saya pun kaget dan melapskan pandangan saya dr jalanan macet karna ada motor yg membunyikan klakson berkali2 supaya saya cepat minggir
saya pun minggir sambil menggeleng2kan kepala... si pengendara motor pun ngeloyor sambil tetep membunyikan klkasonya untuk mengusir para pejalan kaki
luar biasa dalam hati saya... inilah realita kehidupan di ibukota..

selesai jam makan siang.. saya mendapat telefon dr pimpinan atau dr pusat untuk segera berangkat ke bandung menghadiri pertemuan yg diadakan oleh grup besar
perusahaan kami.. dan saya hrz tiba disana sblm jam 6 pagi besok.. saya putuskan untuk berangkat malam ini supaya masih ada waktu sblm bsk pagi supaya bs berdiskusi dengan rekan2 sejawat saya
disana.. sekitar jam 4 saya pun meninggalkan kantor lebih cepat dr seharusnya supaya bs lebih cepat tiba dirumah..
tapi apa yang terjadi? jalanan sudah penuh sesak crowded!... sampai waktu menjelang pukul 06.00... dimana hujan gerimis tiba2 berubah menjadi sangat deras.. byk pengendara motor yg segera menepi.. kadang2
malah berhenti di jalan paling kanan untk segera memakai jas hujan.. meskipun tidak benar tp sisi kemanusiaan saya memaklumi karna kasihan para pengendara motor itu bertarung dengan debu dan angin plus hujan.
walaupun sebenernya itu adalah resiko mereka menggunakan moda transportasi sepeda motor.. tp saya tetep memaklumi dan tidak mempermasalahkan..
berada di sekitar jembatan layang saya merasakan kemacetan yang sangat amat kembali.. mobil pun melaju perlahan agar cipratan air tdk mengganggu pengguna jalan yg lain..
setelah sekitar 45 menit berjalan gaya keong dan siput,, sampai saya dibawah jalan layang dan betapa kagetnya saya... 5jalur yg digunakan ternyata 4 jalurnya digunakan para pengguna sepeda motor yg berteduh..
karna kami para pengguna mobil harus menyempit dan saling serobot sesama mobil untuk berebut menggunakan 1 jalur yg terisa di paling kanan..
kembali saya menggeleng kepala dan mengelus dada.. karna segelintir orang yg merasa sebagai pengguna jalan lagi2 tdk menghargai pengguna jalan lain.. baik itu mobil atau bus kota dan lainnya..
perjalanan pun berlanjut.. dimana polisi mengalihkan perjalanan karena ada banjir.. kami para pemilik roda 4.. 6 dst hrz bersusah payah untuk memutar balik dan mengalihkan kendaraan..
saya pun byk terdiam karna sesama pengguna jalan saling sikut2tan dengan ego nya masih2..belum lagi ulah pengendara motor yg motornya tdk dilengkapi dengan lampu rem.. sangat menyulitkan untuk dilihat di mlm hari dalam cuaca hujan pula..dan selagi saya terdiam saya melihat ke atas ke jembatan penyebrangan.. alangkah kagetnya saya.. ada pengguna roda 2 yg naik ke
jembatan penyebrangan bahkan bukan 1-2 tp sampai beriringan.. saya pun flashback ke siang td dimana saya berjalan di trotoar dan diklakson untuk diambil hak saya oleh pengguna roda 2.. yang ini lebih amazing lagi menurut saya
sodara2... betul2 sebuah penghinaan terhadap peraturan lalu lintas dan etika berkendara dan prinsip saling hormat menghormati..
kembali saya mengelus dada dan turut berduka untuk para pejalan kaki..

sesampainya dirumah.. dengan kemacetan yg sgt amat... saya tdk memiliki byk waktu lagi untuk bercengkrama dengan istri dan anak anak saya
sama sepert pengendara roda 2 dan pejalan kaki atau pengguna angkutan umum.. kami pun berangkat pagi bekerja dan pulang pada malam hari.. ini adalah hal yg dialami oleh pengguna jalan.

setelah berpamitan sebentar makan seadanya dan beres2 perlengkapan dibantu istri saya lgs menyalakan mesin mobil dan memasuki tol dalam kota untuk brkt ke bdg dan bekerja kembali sampai jam 2 mlm
untuk membahasas konsep untuk rapat besok.. walaupun setelah hari yg melelahkan..
ketika besok sore saya pulang kembali ke jakarta.. saya lgs menuju kerumah.. dengan sejuta rasa lelah.. penat di kepala.. ngantuk..
saya sampai dirumah saya ucapkan
"assalammualaikum....."

disambut dengan suara istri dan anak saya berhsaut2an...
"WAALAIKUMSSALAM...."
lalu istri saya datang menyambut cium tangan..
dilanjutkan anak2 saya berhamburan keluar kamar cium tangan sebagai rasa hormat dan rindu
lantas berteriak "horeee ayah pulanggg.... cape yah? oleh2nya manaaaaa?"

SubhanALLAH... rasa cape lelah penat pusing semuanya hilang..
ya.. betul! inilah kemanangan saya terhadap realita kehidupan ibukota dengan semua egoisme warga yg tinggal di dalamnya
ya inilah kemenangan saya ketika melihat istri saya menyambut saya pulang dengan celemek pakaian dinas nya di dapur..
anak2 saya yg sumringah dan lucu menyambut kedatangan saya..

hmmm... senyumpun terlihat di wajah saya..
inilah hidup saya dan keseharian saya yg mgkn membosankan

saya ucapkan terima kasih buat agan agan yg udah baca postingan ane

tanpa bermaksud menyudutkan pihak manapun.. tp alangkah baiknya klo semua pihak yg merasa sebagai pengguna jalan
bisa saling introspeksi dan menjadikan semua lebih baik

saya yg bercerita disini belum tentu lebih baik dr agan2 yg membaca..
saya disini memposisikan sebagai teman dan sahabat sesama pengguna jalan

bukan sebagai guru yg menggurui
bukan sebagai musuh yg memusuhi
bukan juga sebagai pengadil yg memberi hukuman dan keadilan

hanya seorang pengguna jalan
hanya seorang ayah dari anak2 yg lucu
hanya seorang suami dari istri yg baik dan mencintai keluarga

poin poin yang dpt diambil disini menurut versi saya:

1. macet padat penat dan kebutuhan akan waktu tdk serta merta memperbolehkan kita mengambil trotoar sebagai sesuatu yg oleh
sebagian pengguna jalan disebut "jalan alternatif" dan bs serta merta dianggap benar.. karna itu bukti bahwa kita memiliki
jiwa PENJAJAH.. apalagi kalo sampe jembatan penyebrangan yah... WOW banget klo kata anak muda sekarang..

2.tidak betul kalau mobil disebut memenuhi jalan dan suka klakson seenaknya.. karna kadang kami menggunakan klakson untuk memberitahukan
ada yg salah dengan posisi atau ada yg berbahaya dengan tindakan pengguna jalan lainnya (tp tidak membunyikan klkason terus2an seperti intimidasi
yah.. saya juga tdk setuju kalo itu. apalagi di mlm hari. cukup gunakan lampu dim)

3.mgkn sebagian pemotor ada yg merasa kepanasan bau polusi dan lain2 sehingga mereka merasa di anak tirikan di jalan... tidak juga! ketika kami
antri dr belakang sampai depan. pengguna motor dr belakang bs lgs sampai ke depan seperti layaknya raja dan iklan tagline motor.. semakin di depan
dan selalu di depan tiap lampu merah.. kami? kami harus ngalah dengan maju 1-1 dan konsentrasi penuh karna banyaknya pengguna jalan yg selip sana selip
sini sehingga kami diharuskan MAMPU MUTLAK untuk menghindari mereka.. atau kami akan terkenda opini publik sebagai SI KAYA YG SOMBONG VS SI MISKIN YG MERANA!

4.yap betul ketika pemotor naik motor mereka hrz siap dengan resiko panas polusi cipratan air dll dll.. tp yap betul juga.. ketika pemobil naik mobil.. mereka hrz
siap dengan opini publik yg tidak adil dan hrz siap dengan beban financial luar biasa yg tdk bisa dihindari.. jd keduanya dan bs dibilang semua pengguna jalan memiliki
masalah dan resiko.. semua adalah pilihan.. yg terpenting dimulai dr diri sendiri untuk saling menghargai sesama pengguna jalan, terlepas pajak mahal atau murah kita
semua warna negara indonesia yg berhak menggunakan jalan

5.yang perlu diingat ketika kita berada di di jalanan adalah.. keluarga sahabat pacar.. anak2 bagi yg sudah menikah.. karna mereka semua menunggu kita dirumah dengan cemas... tidak perlu mengedepankan emosi di jalan... dan tertiblah berlalu lintas.. semua peraturan dibuat dengan tujuan baik dan niat baik...

6. silahkan ditambahkan poinnya menurut agan sendiri

thread ini bersifat sharing.. jd terbuka untuk opini masukan dan sudut pandang lain yg mgkn ada

TS meminta maaf kalau ada pihak kelompok komunitas atau siapapun yg merasa dirugikan atau tersinggung
dengan tulisan tangan sederhana ini...

dengan tulus TS meminta maaf atas kesalahan yg mgkn timbul atas thread ini

sekali lagi terima kasih
jaya selalu kaskus dan kaskuser
serta agan dan aganwati dimanapun berada
mari jadikan keselamatan sebagai budaya dan kebutuhan..

Penulis : Ini loh :D ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Titip Pesan untuk Para Pemotor ini dipublish oleh Ini loh :D pada hari Kamis, 20 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Titip Pesan untuk Para Pemotor